Jumat, 28 Juni 2013

Mikrotik Router

Ngomong-ngomong tentang Mikrotik, siapa sih orang IT yang ga tau? Paling ngga orang IT pernah mendengar kata itu. Mikrotik Router OS atau yang sering disebut sebagai Mikrotik merupakan OS berbasis linux yang didesain khusus untuk keperluan routing. Sedangkan router sendiri adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk bebrapa jaringan (network). Dalam suatu jaringan computer yang kompleks, router akan menentukan jalur terbaik untuk mengantarkan paket sampai pada computer tujuan. Ruter merupakan perangkat jaringan yang cerdas, router bias memahami bagaimana mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Mikrotik sebagai router memiliki fitur yang sangat lengkap, mudah dikonfigurasi dan tentunya murah. Mikrotik juga dapat diinstal pada computer PC, sehingga computer tersebut dapat berfungsi sebagi router. Namun mikrotik sekarang ini banyak membuat perangkat keras sendiri yang dikhususkan memang untuk router yang sering disebut sebagai RouterBOARD.

Apa saja yang bias kita lakukan dengan Mikrotik Router?

Pertanyaan yang bagus, saya sendiri tidak mengetahui semuanya tentang Router Mikrotik. Beberapa hal yang bias kita lakukan dengan mikrotik, diantaranya:

Menggunakan mikrotik sebagai internet  gateway bagi LAN
Ini adalah salah satu yang bias kita lakukan dengan milrotik router,  bias saja kita menggunakan modem adsl untuk dijadigan gateway lank e internet, tapi pada beberapa kondisi sering kali jaringan membutuhkan beberapa aturan khusus, dan hal tersebut tidak dimiliki oleh modem adsl.
Router mikrotik akan mampu menyaring apa saja yang boleh diakses di internet, dan apa saja yang tidak boleh. Router mikrotik akan mampu memblokir web site tertentu jika diinginkan, bahkan bias berdasarkan waktu dan sumber yang mengakses. Router mikrotik juga mampu membagi bandwidth kepada semua user, sehingga dalam satu jaringan tidak ada user yang memonopoli bandwidth.
Router sebagai gateway sebuah LAN
Mikrotik sebagai access point
Beberapa mikrotik router di engkapi dengan interface wireless, sehingga dapat di fungsikan sebagai access point pada jaringan. Mikrotik router engan interface wireless bias digunakan sebagai hotspot bersekala kecil, seperti hotspot sekolah atau kantor. Selain itu mikrotik dengan interface wireless juga bias digunakan untuk jaringan bersekala besar seperti point to point dengan jarak jauh ataupun RT/RW Net.
Router sebagai wireless atau Access Point

Sebagai intermediary device (routing)
Fungsi utama dari router adalah menghubungkan beberapa network dan berusaha menetukan jalur terbaik untuk menuju computer tujuan.
Router untuk routing atau mensegmentasi jaringan
 Bersambung......
Nyambung lagi esok ya... stay here ok!


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar