Rabu, 26 Juni 2013

Cara Mereset Router Mikrotik

Jika sobat menggunakan router mikrotik yang terinstal pada PC, tentu saja tidak mempunyai tombol reset konfigurasi. Tapi jangan khawatir, karena pada menu System sudah terdapat fasilitas Reset Configuration. Fasilitas itu bisa sobat gunakan untuk mereset mikrotik yang terinstal pada komputer PC.

Lain lagi jika router sobat berupa Router Board (RB), dimana ada sebuah tombol khusus untuk melakukan reset konfigurasi. Tombol reset tersebut berada di sekitar port ethernet dan merupakan tombol kecil yang tersembunyi. Sobat membutuhkan pengungkit kecil ataupun pulpen untuk menekan tombol tersebut.
  1. Pastikan sema kabel UTP tidak ada yang tepasang pada port ethernet.
  2. Pastikan kabel power tidak tercolok ke router mikrotik, sehingga router ada pada kondisi mato atau off.
  3. Setelah dipastikan tidak ada kabel UTP dan power tidak tersambung, ambil pengungkit kecil atau pulpen untuk menekan tombol reset (jangan langsung dilepaskan / tahan).
  4. Sambil menekan tombol reset tersebut, colokan kabel power dari adaptor yans tersambung ke listrik, sehingga router mikrotik mendapat catu listrik, ini dilakukan dengan tetap menekan tombol reset. Jika tombol reset terlepas, harus dimuulai dari awal lagi.
  5. Sambil menekan tombol reset tersebut, lihatlah lampu indikator (LED) ACT akan berkedip-kedip., tetap pertahankan menekan tombol reset sampai LED ACT tersebut padam.
  6. Setelah LED ACT padam, tombol reset harus tetap dalam kondisi ditekan sampai semua LED indikator pada port ethernet menyala sebentar kemudian padam. Hal tersebut akan berlangsung 20-40 detik, setelah itu lepaskan tombol reset.
  7. Setelah semua indikator LED port ethernet menyala terus padam, setelah itu lepaskan juga kabel power router mikrotiknya, sehingga router dalam posisi mati atau off.
  8. Colokan kembali kabel power mikrotiknya, sehingga router kembali hidup. Router mikrotik kini sudah dalam kondisi default configuratio.
Untuk mengaksesnya bisa menggunakan ip defaultnya, yaitu 192.168.88.1/24, dengan user admin tanpa password.
Selamat mencoba, semoga membantu.....

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar